Berikut ini merupakan contoh-contoh soal Fluida Statis mengenai Tekanan Hidrostatik dan Hukum Archimedes. Soal-soal ini Saya dapatkan dari Dosen Mekanika Fluida di bangku perkuliahan. Dan Saya lampirkan juga jawaban-jawabannya di post paling bawah, kalo bisa jangan di scroll ke paling bawah dulu yooo !!



Siap bermain-main dengan Otak Kiri ?? Persiapkan Logika Anda !!

SOAL

[1] Seseorang membuat tabung seperti pada gambar dibawah. Lalu mengisinya dengan air raksa (warna hitam), air (warna abu) dan minyak warna putih. Jika massa jenis merkuri, air dan minyak masing-masing adalah 13000, 1000 dan 800 (kg/m3). Berapa tekanan di titik 1, 2, 3 dan 4 ?



[2] Sebuah keluarga terdiri dari ayah, ibu dan dua orang anak, dengan masing-masing massanya adalah 70, 60, 20 dan 10 (kg). Mereka mempunyai sebuah kolam renang dibelakang rumah mereka. Ayah ingin membuat sebuah perahu sederhana dari papan kayu (dgn massa jenis = 500 kg/m3) yang dapat terapung ketika dinaiki empat orang anggota keluarga tersebut. Ayah lalu memotong sebuah papan dengan ukuran panjang x lebar dengan 2 x 2 (m). Jika massa jenis air 1000 kg/m3. Hitung tinggi papan kayu agar air tidak membasahi permukaan yang akan ditempati keempat anggota keluarga tersebut ?




[3] Seorang tukang emas ingin membuat sebuah bola berongga yang terbuat dari emas murni. Tentukanlah jari-jari dalam dan luar bola emas agar  terapung setengahnya diatas air ? Anggap massa jenis air, udara dan emas adalah 1000, 1 dan 19300 (kg/m3)

[4] Sebongkah es terapung didalam gelas berisi penuh. Ketika es meleleh, apakah ada air yang tumpah dari gelas? Jelaskan logika Anda?
   


JAWABAN