Postingan ini merupakan postingan lanjutan dari Hukum Pascal Mengenai Tekanan. Jika Anda ingin tahu tentang konsep utama tentang Hukum Pascal silahkan baca postingan sebelumnya.
 
Okee, baiklah jika Anda sudah membacanya, Saya mulai dengan pertanyaan yang paling mendasar. “ Jika tekanan yang diberikan ke zat cair didalam ruang tertutup dan diteruskan ke segala arah nilainya sama besar, Apakah ini berlaku pada molekul-molekul fluida?
Mari kita ambil contoh molekul fluidanya seperti gambar dibawah ini : 





Apakah tekanan Px , Py dan Ps sama besarnya? Atau berbeda-beda?

Mari Kita Kupas Secara Tuntas Setajam Silet, hehe..

1)   Mencari Tekanan Px terhadap Ps.
·      Pada tekanan Px memiliki luas permukan (Area) yaitu δz dan δy (m2) , dan ;
·    Pada tekanan Ps Sinϴ memilki luas permukaan (Area) yaitu δz dan δs (m2). Ditekanan Ps ada Sinϴ. Karena, Ps mempunyai kemiringan tertentu (ϴ = theta).

Apakah anda masih ingat cara menentukan Cos/Sin pada bidang segitiga? Disini saya akan bahas dengan cara sederhana yang saya dapat dari bangku kuliah. Check it Out!



Untuk sudut yang lebih sempit, Anda dapat menyebutnya itu sudut Cosinus dan sebaliknya untuk sudut yang lebih lebar itu sudut Sinus. Atau bisa menentukan dengan cara berikut ini :









Oke, kita kembali lagi ke topik yang utama.
Cara untuk memperoleh nilai-nilai tekanannya adalah diperlukan Hukum Newton 1 dengan Ʃ F= 0. Simak uraian berikut ini ! Don’t Go Anywhere Gaess..

P =  F/A  atau F = P. A
P = Pressure / Tekanan (Pa)
F = Force / Gaya (N)
A= Area / Luas Permukaan (m2)

Maka,










2)   Mencari Tekanan Py terhadap Ps.
·      Pada tekanan Py memiliki luas permukan (Area) yaitu δz dan δx (m2) , dan ;
·      Pada tekanan Ps Cosϴ memilki luas permukaan (Area) yaitu δz dan δs (m2).












Jadi, jawaban dari pertanyaan di atas adalah Tekanan di titik Px = Ps dan Py =  Ps, Maka dapat kita simpulkan bahwa Px = Py = Ps. atau dengan kata lain tekanan di beberapa titik nilainya adalah sama besar. Semua sudah terjawab.



Sekian, semoga bermanfaat
See You Later !!