Kebanyakan orang, khususnya di Indonesia banyak yang salah mengartikan tentang "Teknik Mesin". Ada perbedaan persepsi antara opini masyarakat dengan apa itu teknik mesin sebenarnya. Seorang sarjana teknik mesin bisa saja dia tidak mengerti bila mesin mobilnya rusak, karena yang diajarkan S1 teknik mesin adalah hal yang sama dengan apa yang dipelajari di Fisika pada saat SMA/SMK, hanya saja teknik mesin menekankan pada ilmu mekanika serta penerapannya dalam kehidupan.

Dalam bahasa Inggris, Teknik Mesin adalah "Mechanical Engineering"  arti sebenarnya adalah seseorang yang merekayasa suatu permasalahan yang berkaitan tentang mekanika atau dengan kata lain adalah suatu  ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk anilisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik.

Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama, maka dari itu teknik mesin mempunyai subdisiplin ilmu antara lain :

  • Mekanika 
adalah bidang ilmu yang mempelajari gaya dan efeknya pada suatu benda. Secara khusus, mekanika digunakan untuk menganalisis dan memprediksi akselerasi dan deformasi (keduanya elastis dan plastis) dari suatu benda. Subdisiplin dari ilmu mekanika diantaranya: Statis, Dinamis,  Mekanika Kekuatan Material, Mekanika Fluida dll.

  • Kinematika
adalah ilmu yang mempelajari gerak relative dari bagian-bagian mesin (kecepatan dan percepatan ditinjau juga)

  •   Ilmu Bahan / Ilmu Material
bidang ilmu ini merupakan subdisiplin ilmu yang mempelajari struktur bahan dan sifatnya terhadap berbagai ilmu teknik.

  •    Termodinamika
termodinamika (thermos = panas, dynamics = perubahan) atau ilmu panas adalah bidang ilmu yang mempelajari hubungan panas dan jenis energi lainnya.

  •  Mekatronika
adalah bidang ilmu teknik yang mengkombinasikan sinergi dari teknik mesin, teknik elektro dan teknik komputer yang seluruhnya diintegrasikan untuk melakukan perancangan produk. Aplikasi dari ilmu ini terhadap teknik mesin adalah Mesin CNC, Mesin bubut, Plasma Cutting dan lain-lain.

Di Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia khususnya Teknik Mesin biasanya ada program pilihan peminatan atau mata kuliah pilihan guna untuk mengembangkan potensi/keahlian Mahasiswa sesuai dengan keinginannya. Dan program pilihan peminatan tersebut biasanya adalah :

     1. Perancangan Mekanik dan Konstruksi
     2. Proses Manufaktur dan Sistem Produksi
     3. Konversi Energi
     4. Nano Teknologi dan Sistem Kontrol

Sebagai ilmu eksakta, banyak yang mengatakan Teknik Mesin itu sulit, karena banyak rumus dan perhitungan didalamnya, tetapi bukan berarti teknik mesin adalah ilmu yang sangat sulit untuk dipelajari. Ini bergantung terhadap bagaimana kita menyikapi kesulitan yang ada dengan strategi belajar yang benar dan strategi belajar yang diterapkannya.

Sekian, semoga bermanfaat..
Thank's for Your Attention !!