Bertemu lagi di Blog yang gak karuan ini, hehe.. Pada kesempatan kali ini, Saya akan membahas tentang hukum Pascal mengenai Tekanan.  Ada yang tahu Hukum Pascal berbunyi apa? Yupps..

Bunyi Hukum Pascal 

tekanan yang diberikan kepada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan sama besar ke segala arah” .. Blaise Pascal (1623 – 1662).

Maksudnya gimana sih? Maksudnya gini.. Bila tekanan pada suatu titik dalam zat cair ditambah dengan suatu harga, maka tekanan semua titik di tempat lain dan pada zat cair yang sama akan bertambah dengan harga yang sama pula. Hal ini dikenal sebagai Prinsip Pascal.
Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut :


Gbr 1. Sistem Kerja Hidrolik

Karena zat cair diteruskan sama besar ke segala arah, Maka P1 pada Input Force tekanannya sama besar dengan P2 pada Output Force . That’s Why alias dengan begitu diperoleh rumus P1 = P2. Abaikan rumus pada gambar diatas dahulu yah, hehe.. 

Karena P1 = P2 , Maka F1/A1 = F2/A2

Atau jika beban yang diangkat merupakan Gaya Berat (W), maka :

F1/A1= W2/A2
 atau ;
W2 =  (A2/A1) F1

Dengan, W2 = beban yang akan diangkat (misal mobil)  (N)
                F1 = gaya tekan pada dongkrak (N)
                A = luas penampang (m2)

Dari persamaan di atas dapat terlihat, bahwa jika ingin gaya tekan kecil maka luas penampang kedua harus lebih besar. Dan pemanfaatan prinsip Pascal dalam keseharian dan teknologi adalah Dongkrak Hidrolik, Pompa Hidrolik, Mesin Hidrolik pengangkat Mobil, Rem Piringan Hidrolik, Mesin Pengepress Hidrolik dan lain sebagainya.

Contoh Soal:
Seorang pekerja bengkel memberikan gaya tekan pada pompa hidrolik dengan gaya 300 N. apabila perbandingan penampang silinder kecil dan besar 1 : 10, Berapa Berat beban yang dapat diangkat oleh pekerja tersebut? 

Jawab:
W2 = (A2/A1)  F1
W2 =  (10/1) 300 N
W2 = 3000 N
Jadi beban yang bisa diangkat adalah 3000 N

Bagaimana?? Mudah dipahami bukan? Ternyata konsep tekanan berhubungan erat dengan kehidupan kita sehari-hari yaaa? Itulah pembahasan mengenai Hukum Pascal Mengenai Tekanan. Semoga bermanfaat bagi Saya dan Anda sebagai pembacanya.

Sekian
Thank’s For Your Attention !!